3 Spesialisasi CCNA. Pilih yang Mana..?

Sepertinya Cisco benar-benar sedang memperhatikan program pendidikannya, setelah mengembangkan kurikulumsec networking academynya yang dulunya CCNA v3.1 September 2007 kemarin  diupgrade menjadi CCNA Exploration dan keluar pula CCNA Discovery dan  berimbas pula pada series ujian CCNA yang 640-801 menjadi 640-802.  Walupun sempat kecewa juga akhir bulan kemarin harga ujian CCNA naik dari  $150 sampai dengan $250.

Tahun ini Cisco juga mengeluarkan sesuatu yang baru lagi dari program learningnya yaitu mulai dispesialisasikannya sertifikasi networking untuk level Associate atau CCNA. Selama ini kita kenal CCNA…ya CCNA. Sertifikat yang diperoleh jika kita lulus ujian CCNA.  Kini ternyata zamannya sudah berubah, sertifikat CCNA tidak sebatas CCNA, setelah lulus CCNA ada lagi penjurusan atau specialisasi bidang networking yang cisco kembangkan yaitu CCNA Voice, CCNA Wireless dan CCNA Security. Sebenarnya cisco sebelumnya juga memiliki sertifiasi specialisasi diantaranya Cisco Foundation, Cisco Advanced Routing & Switching, Optical, Storage Networking, Wireless, Unified Communications, Security. Tapi tetap saja yang sertifikasi kumpulnya di wilayah CCNA – CCNP padahal orang specalis seperti inilah yang mulai banyak dibutuhkan. Mungkin ini salah satu strategi dari cisco untuk lebih banyak menghasilkan yang bersertifkasi specilasi dengan menerapkan 3 sertifkasi sepecialis ini sebagai syarat untuk menuju jalur professonal.

Sertifkasi CCNA – CCNP – CCIE dirasa masih bersifat umum sedangkan kebutuhan tenaga networking makin lama permintaan pasar makin aneh-aneh dan akhirnya cisco mengkatagorikan 3 specialisasi ini yang dirasa menjadi kebutuhan sekarang  dan juga langkah ini dianggap cisco sebagai langkap mengantipasi kurangnya tenaga ahli dibidang voice, wireless dan security di tahun 2012. Untuk mengambil specialisasi sertifikasi ini semua harus lulus CCNA terlebih dahulu setelah itu baru bisa memilih jalur mana yang akan dipilih sebagai jalur specialisasi.

Agar kita bijak memilih sepertinya saya mau tidak mau, suka atau tidak suka akan mengeluarkan lagi ‘kesok tahuan saya’ menjelaskan speciliasi pada sertifikat CCNA ini. Ya doakan saja semoga nilai kebenarnya tinggi…amin…;)

1. CCNA Voice

Hobi ngomong, nyanyi, ngerumpi ataukah kasih pengumuman di speaker mushola..? sepertinya bukan ini sertifikasi buat anda. Sertifikasi ini disusun untuk standar tenaga ahli yang akan bekerja dibidang VoIP( Voice over Internet Protocol) berbasiskan cisco. Mempelajari secara konsep dan implementasi infrastruktur VoIP ya..minimal bisa secara instalasi dasar dan pemeliharaan semua fungsi-fungsi pada semua perangkat VoIP yang ada. Untuk mendapatkan

picture2.png

sertifikasi ini sebelumnya saya sudah jelaskan bahwa pastikan bahwa sudah ber-CCNA. Kalau sudah anda tinggal ujian CCNA VoIP dengan kode ujian 640-460 judul ujiannya ‘ Implementing Cisco IOS Unified Communications’ seharga $250. Silahkan untuk yang cita-citanya jadi Administrator VoIP sepertinya sangat cocok sekali ambil sertifikasi ini dan wajib buat yang berniat mendapatkan sertifkasi CCVP (‘Cisco Certificate Voice Professional’). Materinya sebagi berikut:

2. CCNA Wireless

Wireless sepertinya merupakan pilihan terbaik buat yang mau ambil sertifikasi network di Indonesia dikaranakan Indonesia sampai saat ini masih dalam memikirkan dari segi infrastruktur contohnya mikir bagaimana internet murah, gprs gratis, sms gratis, wajan bolic, gratis telepon dan lain-lain.  Punya sertifikasi ini minimal kita harus punya kemampuan untuk konfigurasi, inplementasi dan pemeliharaan serta mengerti mengenai keamanan network yang memanfaatkan media wireless yang berbasiskan cisco.  Yang tertarik bisa pesan ujian 640-721 judulnya ‘  Implementing Cisco Unified Wireless Network Essentials’. Materinya sebagai berikut:

3. CCNA Security

Buat yang tertarik didunia keamanan jaringan komputer bisa ambil sertifikasi ini. Kode ujiannya 640-553 judulnya ‘Implementing Cisco IOS Network Security’. Namanya juga CCNA Security jadi ya kompetensinya seputar keamanan dari mulai instalasi, troubleshooting dan monitoring kemanan perangkat jaringan. Sertifikasi ini juga syarat pengambil sertifkat sebelum CCSP (‘Cisco Certificate Security Professional’).Materi

Semua sertifikasi yang dijelaskan tadi sudah bisa dibooking di Pearson Vue

Materi juga sudah dapat dipesan di cisco press namun belum bisa dipastikan apakah nantinya akan diadopsikan ke kurikulum Cisco Networking Academy ataukah tidak. Yang pasti melihat kebijakan-kebijakan cisco yang sudah memprediksikan kebutuhan tenaga IT di masa mendatang kita juga harus mulai mempersiapkan diri mana yang terbaik untuk kita.,

Referensi: Cisco.Com

If you enjoyed this post, please consider to leave a comment or subscribe to the feed and get future articles delivered to your feed reader.

11 Comments


Leave Comment